Tuesday, February 24, 2009

Sehari di Perbatasan Indonesia - Malaysia

Minggu kemaren akhirnya saya punya waktu juga untuk mengunjungi pos perbatasan Indonesia - Malaysia di Entikong, Kalimantan Barat. Menuju ke Entikong memakan waktu kurang lebih 3 jam dari kota Sanggau. Jika dari kota Pontianak memakan waktu kurang lebih 6 jam. Selama perjalanan, mata saya dihibur dengan pemandangan kebun sawit yang terhampar luas. Jalanan menuju Entikong relatif mulus, walaupun disana-sini masih terdapat lubang di jalan. Yang paling parah adalah jalan Sanggau - Bodok, lubang besar ada dimana-mana sehingga para pengguna jalan harus berhati-hati jika tidak mau mobilnya nyangkut atau terperosok.



Sesampainya di Entikong, saya disambut oleh tugu Pancasila yang berdiri megah di depan pos perbatasan.



Pos perbatasannya sendiri berbentuk seperti gerbang pemeriksaan, dimana setiap kendaraan yang hendak keluar masuk perbatasan harus melapor dan diperiksa kelengkapan surat-suratnya.



Karena saya belum punya kepentingan untuk ke Malaysia, jadi saya dilarang masuk! Hehehe. Tapi saya masih dibolehkan untuk masuk melihat-lihat sampai pos penjagaan wilayah Malaysia.



Negara kita cuma berbatas pagar dengan Malaysia, tetapi nasibnya sungguh berbeda terutama infrastruktur jalannya. Lepas dari perbatasan Indonesia menuju Sarawak, jalan mulus seperti jalan tol langsung menyambut. Perekonomiannya juga sungguh berbeda. Sehingga tak heran jika konflik antar negara begitu besar mengancam di daerah perbatasan ini (terutama bagi WNI yang mencari nafkah ke Malaysia), termasuk masalah tapal batas yang (katanya) sering dicaplok.

Tanya kenapa?

1 comment:

Anonymous said...

asyik ya jalan-jalannya.
happy blogging dan selamat berpetualang