Friday, November 2, 2007

Pengen Lulus...

Pengalaman mudik memang sering membuat sadar akan hal-hal apa saja yang sudah saya lewatkan. Kurang lebih sudah tujuh tahun saya meninggalkan kampung halaman untuk menuntut ilmu di Jogja, sebuah waktu yang cukup lama dan (mungkin bagi beberapa orang) diatas wajar untuk mengejar titel Sarjana Ekonomi.

Sebagai perbandingan, saya punya sepuluh orang sahabat dekat dimana persahabatan kami dimulai semenjak SMA dan bahkan ada yang sudah jadi sahabat sejak SMP. Sama-sama lulus tahun 2000, kemudian pergi kuliah ke Jakarta (3), Bandung (2), dan Jogja (5). Mereka semua sudah lulus kuliah dan bekerja, tiga orang diantaranya sudah menikah. Dan tinggal saya seorang yang masih "memperdalam ilmu".

Perbandingan lainnya adalah, semasa kuliah saya juga mempunyai lima orang sahabat dan kita kebetulan juga satu kelas di Manajemen. Mereka semua juga sudah lulus kuliah, tapi belum ada yang menikah. Dan tinggal saya seorang yang masih "memperdalam ilmu".
Memang benar kata orang bijak (yang saya lupa namanya), "Manusia sama-sama mempunyai 24 jam sehari dalam hidupnya, tapi yang membedakan adalah apa yang mereka lakukan untuk memanfaatkan 24 jam sehari dalam hidupnya tersebut".

Jadi teringat karya-karya iklan kampanye lulus tepat waktu di Phinastika Ad Festival 2007, benar-benar menyentil ke relung hati. Jika boleh meminta : Tuhan, saya pengen lulus tahun ini...

No comments: